Selasa, 16 Maret 2010

Jangan Hanya Spesifikasi

Sebagian orang mungkin lebih memperhatikan spesifikasi, pada hal banyak factor lain yang harus anda perhatikan saat memilih notebook . Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Kualitas layer

Layar adalah salah satu bagian termahal dari sebuah notebook, dan sering kali menjadi bagian yang menentukan factor harga . Layar juga akan menentukan kepuasan anda dalam melakukan kegiatan komputasi , jadi pastikan kualitasnya sesuai keinginan anda .cek apakah layarnya cukup terang , dan memiliki sudut pandang yang lebar.
Anda memiliki pilihan kertas foto, apakah mulis atau berbintik-bintik? Pilihan ini juga ada untuk layer notebook. Yang menyasar segmen hiburan biasanya memiliki layer licin dan mulus, membuat tampilan video lebih bisa dinikmati. Semntara notebook-notebook untuk segmen bisnis biasanya memiliki layar yang “agak kasar” , yang “katanya” lebih ramah dimata untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Ukuran batere

Meskipun tidak berkorerasi, daya tahan batere tergantung kapasitas batere. Kap[asitas batere beragam, ada yang Cuma 2200mAh, ada pula yang sampai 7800mAh. Semakin besar kapasitas batere, semakin lama daya tahanya. Namun semakin besar kapasitasnya berarti semakin berat bobotnya, jadi Anda harus pandai-pandai mencari angka optimalnya.

3. Tata letak kunci keyboard

Sebagai bagian yang sering kita gunakan , touchpad, dan keyboard menjadi factor menentukan dalam kenyamanan penggunaan. Faktor touchpad mungkin tidak terlalu krusial, karena jika tidak nyaman, fungsinya bisa digantikan oleh mouse eksternal. Lain halnya dengan keyboard. Karena itu, coba dulu sebelim membeli. Pastikan tombolnya empuk saat ditekan, dan kunci-kunci shortcutyang sering anda gunakan, seperti Page down, Home, End, tidak harus diakses melalui fungsi Fn.


4. Panas

Notebook jaman sekarang memiliki komponen berkecepatan tinggi, yang sekaligus menghasilkan panas yang lebih tinggio pula. Sayangnya, tidak semua notebook mengatasi masalah ini. Karena itu, pastikan untuk meraba bagian sekitar keyboard dan sandaran tangan untuk memastikan panas yang dihasikan tidak mengganggu.Perhatikan pula posisi buangan panas, karena buangan panas dikanan akanlangsung menyembur tangan jiak anda menggunakan mouse eksternal