Rabu, 17 Februari 2010

ARTI KOMPUTER


Arti komputer
Suatu alat elektronok yang bekerja secara berkesinambungan yang berfungsi untuk mengolah data, agar menghasilkan suatu informasi.
Istilah dari Computer berasal dari kata compute, yang berarti menghitung. maksudnya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Jadi apapun yang dilakukan oleh komputer, baik penampakan pada layar monitor, suara, gambar dan lain-lain, diolah sedemikian rupa dalami perhitungan secara elektronik.

 Berdasarkan data yang diolahnya, komputer terdiri dari:
1. Komputer Analog
Komputer yang mengolah Data berdasarkan sinyal yang bersifat kualitatif, atau sinyal analog, untuk mengukur variabel seperti voltase, kecepatan suara, resistansi udara, suhu, pengukuran gempa dan lain-lain. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Misalnya untuk thermometer, radar, kekuatan cahaya

2. Komputer Digital
Adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Yang pemrosesnya dilaksanakan berdasarkan teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1.

3. Komputer Hibrid
Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kualitatif maupun kwantitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan digital dengan analog. Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

 Berdasarkan penggunaannya, komputer dibagi menjadi:

1. Spesial Purpose Computer

  • Komputer jenis ini dibuat untuk pengolahan data yang spesifik, misalnya accounting, kasir pada supermarke dalam suatu kegiatan bisnis.
  • Jadi, komputer ini tidak dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan lain. Perangkat input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem.
2. General Purpose Computer
  • Sesuai dengan istilahnya, jenis komputer ini dibuat untuk keperluan pemecahan berbagai jenis masalah.
  • Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.